Alumni SMP N 4 Brebes ’91 Jum’at Bersedekah

Apa yang kamu lakukan saat mensyukuri atas rezeki yang diberikan Tuhan untukmu hari ini, bulan ini atau tahun ini? Dan sudahkah kamu menyisihkan sebagian rezeki kamu untuk bersedekah? Untuk membantu orang lain di sekitar yang lebih membutuhkan atau menyisihkannya untuk meringankan beban hidup orang lain?

Banyak sedikit rezeki yang kamu dapatkan setiap harinya, jangan pernah lupa apalagi sengaja melupakannya untuk menyisihkan sebagian sebagai bekal sedekah. Bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap orang. Sedekah sendiri tak harus dilakukan dengan memberi orang lain uang. Segala bantuan yang diberikan dengan ikhlas, tulus dan mengharap ridhoNya adalah sedekah.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya. Engkau berlaku adil kepada dua orang (yang bertikai, berselisih) adalah sedekah, engkau membantu menaikkannya ke atas hewan tunggangannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang engkau jalankan menuju tempat ibadah untuk shalat adalah sedekah, dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah,” (HR. Bukhari & Muslim).”

Bersedekah adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan. Tak hanya itu, melalui sedekah, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih sabar, lebih rendah hati dan lebih menghargai setiap rezeki yang kamu dapatkan setiap harinya. Sedekah juga akan membuat perasaan jadi lebih tenang, nyaman serta terjaga.

Tak perlu khawatir apalagi takut jika rezeki kamu akan berkurang saat kamu menyedekahkan sebagian buat orang lain. Alih-alih berkurang, rezeki kamu pun akan semakin bertambah dan berkah. Bukankah Tuhan telah menjanjikan berlipatnya rezeki yang hendak kamu dapatkan selama kamu mau sedekah?

Banyak atau sedikit rezeki yang kamu dapatkan setiap hari, tak ada alasan untuk malas bersedekah. Melakukan sedekah tak harus menunggu kamu kaya. Sedekah wajib dilakukan kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja khususnya kepada mereka yang sangat-sangat membutuhkan bantuan kamu. Berapapun yang kamu sedekahkan Tuhan tetap akan menghitungnya bahkan hanya seberat biji zarrah.

Bagi para pembaca yang ingin ikut berpartisipasi dapat mengirimkan donasi ke No Rekening Berikut:

Semangat Kawan Jumat Berbagi semoga berkelanjutan terus….

Post Author: cemong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *