Bolehkan Anak Kita Belajar Internet Lebih Dini?

Mungkin Sebagaian orang tua akan merasa bangga bila sang buah hatinya sudah bisa mengoperasikan HP, atau mungkin Laptop atau Komputer tanpa diajarin.
“Eh, jeng anakku pinter loh, tuh bisa main-main HP sendiri, padahal gak aku ajarin loh.. anakamu sih bagaimana, bisa gak?” mungkin kalimat ini sering kita jumpai manakala kita bertemu dengan teman atau saudara kita. Terkadang timbul jengkel juga anak-anak kita dibanding-bandingkan dengan anak mereka. Tiap anak kan punya kemampuan dan keterampilan sendiri-sendiri, tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama. Tapi itulah orang tua terkadang memaksakan keinginan sendiri tanpa melihat kemampuan si anak itu sendiri.

Belajar memang sebaiknya kita berikan secara dini kepada buah hati kita, namun belajar apa yang patut kita berikan sejak dini itu. jangan sampai kita salah memberikan ajaran yang belum saatnya kita berikan kepada buah hati kita. Disinilah peran orang tua yang harus bisa memilih materi ajaran apa yang pas dan dibutuhkan oleh buah hatinya. Berikan sesuai dengan usia dan kemampuan si anak, jangan sampai kita terlalu membebani pikiran mereka. Karena pada dasarnya pola pikir mereka hanya lah bermain dan bermain. Maka cara belajaranya ya harus mengikuti pola pikir mereka, kita sebagai orang tua harus selalu mengarahkan dan membimbing manakala mereka menemui kesulitan, atau melewati batas.

Belajar bisa apa saja, karena anak-anak kita masih dalam taraf pertumbuhan yang baik, maka alangkah baiknya kita berikan materi belajar yang bisa kita kombinasikan belajar sambil bermain, supaya perkembangan buah hati kita maksimal, baik syaraf otak maupun syaraf motoriknya. Misal kita bisa berikan permainan mewarnai gambar, ini bisa melatih motorik halus tangan dan otak dalam berfikir kreatif dan juga perasaan hati yakni melatih kesabaran. Permainan bongkar pasang, permainan ini juga cukup baik untuk merangsang anak lebih semangat dalam mencapai suatu keberhasilan. Namun perlu diingat juga terkadang anak juga sering merasa jenuh dalam permainan ini, sehingga kita sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih permainan atau alat ajar yang bervariatif dan paling utama adalah mendampingi saat meraka bermain, dan berikan umpan balik di saat mereka telah mengerjakan permainan mereka.

Nah, kapan baiknya kita mengenalkan internet kepada buah hati kita? sebenarnya kapan itu waktunya tergantung kemampuan si anak juga sih, dan juga kebutuhan kita sabagai orang tua akan internet itu sendiri. Misal kita selaku orang tua dalam bekerja selalu berkutat dengan internet, maka secara tidak langsung anak kitapun akan terbawa atau ikut masuk ke dunia internet juga. Mereka jadi tahu atau ingin tahu apa sih yang dikerjakan kita, maka mau tidak mau kitapun harus menjelaskan kepada mereka. Jika kita bekerja di pertukanganpun sama, maka mereka akan mengenal alat-alat pertukangan seperti palu, paku, gergaji dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini, mungkin semua orang punya cara sendiri-sendiri, tapi mungkin cara yang paling baik adalah dengan cara meningkatkan pengawasan yang baik dari kita sebagai orang tua, semakin rawan bahayanya semakin ketat kita dalam pengawasannya, jangan sampai kita kecolongan. Kita tidak mau menyesal bila terjadi hal-hal yang tidak baik terhadap buah hati kita.

Mungkin akan lebih bijak bila kita sebagai orang tua jangan merasa paling penting sendiri di dalam keluarga, kita harus tanamkan dalam keluarga tercinta kita dengan sikap saling tenggang rasa, saling membutuhkan, saling mengisi, saling berbagi terlebih saling manjaga dan saling menyayangi, mungkin itu bisa membentengi keluarga kita, anak-anak kita dari maraknya kejadian-kejadian yang kurang baik akhir-akhir ini.

Mungkin tidak ada kata yang pas kecuali “SAYANGI KELUARGA KECIL KITA”

 

by: ratmo wijoyo

Post Author: cemong

1 thought on “Bolehkan Anak Kita Belajar Internet Lebih Dini?

    Budi

    (30 Juni 2017 - 4:31 PM)

    bentengi anak dengan pendidikan agama sedini mungkin itu juga penting mas bro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *