Perlukah anak kita berinternet?

Seperti tulisan saya sebelumnya, Internet bagai mata pisau yang tajam, dia bisa menjerumuskanmu ke lubang kegelapan, dia juga bisa menaikkanmu ke derajat yang lebih tinggi dari sekarang.

Lalu seberapa perlukan anak kita berinternet?

Internet sudah demikian mudahnya di akses oleh siapa saja, termasuk anak-anak kita, baik melalui sewa di warnet-warnet atau melalui HP / Gadget mereka masing-masing. Mereka dengan mudahnya mengakses situs-situs mana yang mereka inginkan. Ditambah dengan promo besar-besaran dari penyedia internet makin merajalela baik melaui tv, radio, maupun media cetak semua berlomba-lomba mencari pelanggan sebanyak mungkin. Masing-masing mengklaim dirinyalah yang terbaik dan terluas, hal ini membuat para pengguna internet semakin dimanjakan dalam mengakses situs-situs yang mereka inginkan.

Oleh karena itu pengawasan dari orang tua sangat diperlukan dalam aktivitas berinternetnya anak-anak kita, jangan sampai orangt tua membebaskan anak-anaknya untuk bermain internet tanpa bimbingan orang tua atau orang yang lebih dewasa, karena begitu banyak konten-konten yang mungkin belum pantas dilihat oleh anak-anak kita.
Mungkin akan lebih menarik jika kita sebagai orang tua mendampingi mereka dalam berinternet, dan memberikan bimbingan serta pengertian kepada mereka tentang keuntungan dan bahaya dari internet itu sendiri.
Memberi kepercayaan perlu kepada anak, namun memberi arahan itu mungkin lebih penting bagi anak-anak kita. Karena jangan sampai mereka mendapatkan informasi dari pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Jadi pada dasarnya internet itu penting atau tidak penting bagi anak, tergantung bagaimana kita memberi kepercayaan dan arahan kepada mereka, bagaimana berinternet yang baik.
Mari kita jaga buah hati kita, untuk masa depan mereka

Salam

Post Author: cemong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *