Perlukan anak kita untuk mengikuti Les

Sering kita berfikir dengan mengikutkan anak kita berbagai macam les supaya anak makin pintar, tapi nggak bisa sembarangan, juga loh. Sebab, kalau anak dipaksa ikut macam-macam les, ada dampak buruk juga bagi mereka.

Karena ketika anak kita dipaksa untuk ikut les ini dan itu, waktu anak untuk bermain mereka menjadi berkurang, dan ini dapat menjadikan anak merasa terganggu dan justru akan membuatnya malas.

Dalam artian nanti dia nggak mau lagi ikut les. dan kita sebagai orang tua menganggapnya dia malas.

Oleh karena itu, sebaiknya bila kita kalau ingin ikutkan anak les, ajak dulu dia ke tempat lesnya. Di sana, kita bisa lihat kira-kira anak mau atau tidak ya les di situ dan dia senang tidak dengan suasana di tempat tersebut. Karena, berkenalan atau melihat tempat lesnya bisa menimbulkan ketertarikan sendiri buat anak.

Lalu, apa perlu kita ikutkan anak ke berbagai les? Tidak, Karena kita dapat memilih salah satu atau yang sesuai dengan kemauan dan kemahiran sang anak. karena nggak bisa semua les dikasih ke anak.

Dan tidak lupa juga pertimbangkan umur anak dengan les yang akan mereka ikuti. Termasuk frekuensi les dalam seminggu Dengan begitu, kita sebagai orang tua dapat menghitung dalam seminggu anak les berapa kali dan apakah anak masih punya waktu untuk dirinya sendiri.

Jadi, waktu anak tidak habis hanya untuk kegiatan les dan sekolah dan pastinya, anak masih perlu bermain dan mendapat hiburan. Selain itu, anak juga masih punya waktu pribadi untuk dirinya. Kita tidak usah terlalu memutuskan anak akan dileskan untuk bakat ini atau itu, biarlah mereka berkembang tumbuh sesuai bakat dan keinginannya. Kewajiban kita sebagai orang tua hanya mendampingi dan memfasilitasi kemauan dan bakat mereka nanti.

Yang penting, pengalaman dia tentang semua stimulasi kecerdasan multiple bisa dialami bersama pertumbuhannya. Karena, nanti di suatu titik misalkan pas anak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), sudah bisa kelihatan nih mana bidang yang lebih dengan senang hati anak lakukan. Mana yang lebih banyak dia lakukan pas di waktu luangnya, itu tanda-tanda dia tertariknya di bidang itu.

Post Author: cemong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *